Pemain Timnas Indonesia Bawa Timnya Promosi Ke Serie A Liga Itali

By ommed


ITALI - Penggawa timnas Indonesia Jay Idzes mendapatkan kado indah pada perayaan ulang tahunnya setelah membantu Venezia meraih tiket promosi ke Serie dengan mengalahkan Cremonese 1-0 dalam pertandingan leg kedua final play-off, Senin (3/6) dini hari WIB, di Stadion Pierluigi Penzo.


Hasil itu membuat Venezia mencatat kemenangan agregat 1-0, karena pada pertemuan pertama kedua tim bermain imbang tanpa gol. Christian Gytkjaer menjadi bintang kemenangan Venezia lewat gol yang dilesakkannya pada menit ke-24.


Duel ini bertepatan dengan hari ulang tahun Idzes ke-24. Pelatih Paolo Vanoli menurunkan Idzes sebagai starter, dan dimainkan hingga pertandingan berakhir. Idzes mendapatkan kartu kuning pada menit ke-58, karena melakukan pelanggaran keras terhadap Charles Pickel.


Idzes dan lini pertahanan Venezia harus bekerja keras untuk mengamankan keunggulan. Pasalnya, Cremonese membuat mereka jatuh bangun sepanjang babak kedua demi mengejar ketertinggalan. Pertahanan solid Venezia akhirnya sulit ditembus sampai wasit meniup peluit panjang.


Terakhir kali Venezia berkompetisi di Serie A adalah pada musim 2021/22. Namun itu hanya berlangsung satu musim, karena mereka terdegradasi setelah menjadi juru kunci klasemen.


Keberhasilan promosi ke Serie A kali ini mempunyai makna penting bagi Idzes. Pemain naturalisasi Indonesia itu baru satu musim membela Venezia. Idzes datang pada 30 Juni 2023 setelah menandatangani kontrak selama empat tahun.


Idzes tidak bisa terlalu lama merayakan pesta keberhasilan Venezia promosi ke Serie A. Palang pintu tangguh ini harus bergegas terbang ke Jakarta untuk bergabung dengan timnas senior, mempersiapkan diri menghadapi dua pertandingan terakhir Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak dan Filipina pada 6 dan 11 Juni. (gi)